Thursday 6 November 2008

Tips Untuk Pendaki


1. Tips Merencanakan Rute Pendakian
- Jarak
Rata-rata pendaki bisa berjalan kira-kira 8 � 16 Km per harinya dengan membawa ransel yang penuh.
- Medan
Medan dan kondisi dari jalan setapak akan mempengaruhi kemampuan fisik seorang pendaki. Tambahkan atau lebihkan perencanaan waktu pendakian jangan dibuat pas-pasan.
- Hari Pertama
Hari pertama dialam bebas, merupakan hari penyesuaian dan membiasakan diri dengan ransel, sepatu dan gerakan fisik. Jika sudah lama tidak melakukan pendakian sebaiknya melakukan latihan fisik sebelumnya.
- Hari Istirahat
Pada gunung yang mempunyai jalur pendakian yang cukup panjang, ada baiknya menambah satu hari untuk bersantai agar tubuh tidak terlalu letih.
- Kemampuan Diri
Hindari membuat rencana pendakian melebihi kemampuan fisik dan pengetahuan tentang pendakian gunung yang dimiliki, agar target pendakian bisa tercapai.
- Alternatif
Pada saat merencanakan pendakian ada baiknya juga menambah rute cadangan sebagai alternative, jika jalur utama tidak bisa digunakan karena satu dan lain hal.
- Hindari Musim yang Ramai
Hindari mendaki pada musim pendakian yang ramai pengunjung. Pendakian pada musim yang ramai akan membuat kita kurang bisa menikmatinya. Kerusakan alam mungkin bertambah karena ramai para pendaki yang membutuhkan tempat mendirikan tenda.

0 comments:

Post a Comment